Sabtu, 04 Desember 2010

Akhlaq dan Adab ( Akhlaq Mulia)

Mendahulukan kepentingan orang lain:
2. Al Baqarah
Pokok-pokok kebajikan
177. Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.
59. Al Hasyr
9. Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung

Note : Ada (2) surat dan (2) ayat, Alqur’an menjelaskan bagaimana mendahulukan kepentingan orang lain! Alangkah Indanhnya andaikan manusia di zaman yang modern ini masih bisa melakukan seperti yang di jelaskan diatas, Sebetulnya banyak orang yang bisa melakukan hal tersebut, namun masalahnya seperti apa tingkat keikhlasannya ? dengan hati yang tulus tidak? Kalau hanya karena ada tujuan lain mendahulukan orang, missal sekedar mencari empati, simpati dan popularitas apalah artinya di mata Allah ? semoga bermanfaat buat kita semua….Insha Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar