Rabu, 29 September 2010

Al-Ma'idah (Qs 5 : 1-2)

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

1. Wahai orang-orang yang beriman! Penuhilah janji-janjimu, Hewan ternak dihalalkan bagimu, kecuali yang akan disebutkan kepadamu, dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang berihram (haji atau umrah). Sesungguhnya Allah menetapkan hukum sesuai dengan yang dia kehendaki.

2. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qalaid (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam: mereka mencari karunia dan keridhan Tuhannya. tetapi apabila kamu telah menyesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidlharam, mendorongmu berbuat melampui batas(kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (me-ngerjakan)kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertqwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya.

( Coba perhatikan penjelasan Alqur'an di atas sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman), Semestinya manusia dapat mengambil pelajarannya dari hal tersebut, tapi di jaman yang sudah maju ini kenapa justru marak orang meninggalkan petunjuk-petunjuk dari Allah!

Contoh : untuk tolong-menolong berbuat kebaikan banyak orang yang segan untuk melakukan hal ini di banding untuk tolong-menolong berbuat dosa !
kita juga bisa melihat di acara TV RCTI (Acara Tolong) kecenderungan orang yang peduli mau menolong jumlahnya lebih sedikit dibanding yang tidak mau menolong! dan yang mau menolong cenderung orang-orang yang notebene tingkatanya tidak lebih baik dari orang yang minta tolong! Astaghfirullahal Adzim.3x

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar